Kalau
perilaku individu mencakup segala pernyataan hidup, betapa banyak kata yang
harus dipergunakan untuk mendeskripsikannya. Untuk keperluan studi tentang
perilaku kiranya perlu ada sistematika pengelompokan berdasarkan kerangka
berfikir tertentu (taksonomi).
Dalam
konteks pendidikan, Bloom mengungkapkan tiga kawasan (domain)
perilaku individu beserta sub kawasan dari masing-masing kawasan, yakni : (1)
kawasan kognitif; (2) kawasan afektif; dan (3) kawasan psikomotor.
Taksonomi
perilaku menurut Bloom ini (Bloom’s
Taxonomy/Learning Taxonomy), di atas menjadi rujukan
penting dalam proses pendidikan, terutama kaitannya dengan usaha dan hasil
pendidikan.
Segenap
usaha pendidikan seyogyanya diarahkan untuk terjadinya perubahan perilaku
peserta didik secara menyeluruh, dengan mencakup semua kawasan perilaku. Dengan
merujuk pada tulisan Gulo (2005), di bawah ini akan diuraikan ketiga kawasan
tersebut beserta sub-kawasannya.
A.
Kawasan Kognitif
Kawasan
kognitif yaitu kawasan yang berkaitan
aspek-aspek intelektual atau berfikir/nalar terdiri dari :
1.
Pengetahuan (knowledge)
Pengetahuan
merupakan aspek kognitif yang paling rendah tetapi paling mendasar. Dengan
pengetahuan individu dapat mengenal dan mengingat kembali suatu objek, ide
prosedur, konsep, definisi, nama, peristiwa, tahun, daftar, rumus, teori, atau
kesimpulan.
Dilihat
dari objek yang diketahui (isi) pengetahuan dapat digolongkan sebagai berikut :
1.
Mengetahui sesuatu secara khusus :
- Mengetahui terminologi yaitu berhubungan dengan mengenal atau mengingat kembali istilah atau konsep tertentu yang dinyatakan dalam bentuk simbol, baik berbentuk verbal maupun non verbal.
- Mengetahui fakta tertentu yaitu mengenal atau mengingat kembali tanggal, peristiwa, orang tempat, sumber informasi, kejadian masa lalu, kebudayaan masyarakat tertentu, dan ciri-ciri yang tampak dari keadaan alam tertentu.
2.
Mengetahui tentang cara untuk memproses atau melakukan sesuatu :
- Mengetahui kebiasaan atau cara mengetengahkan ide atau pengalaman
- Mengetahui urutan dan kecenderungan yaitu proses, arah dan gerakan suatu gejala atau fenomena pada waktu yang berkaitan.
- Mengetahui penggolongan atau pengkategorisasian. Mengetahui kelas, kelompok, perangkat atau susunan yang digunakan di dalam bidang tertentu, atau memproses sesuatu.
- Mengetahui kriteria yang digunakan untuk mengidentifikasi fakta, prinsip, pendapat atau perlakuan.
- Mengetahui metodologi, yaitu perangkat cara yang digunakan untuk mencari, menemukan atau menyelesaikan masalah.
- Mengetahui hal-hal yang universal dan abstrak dalam bidang tertentu, yaitu ide, bagan dan pola yang digunakan untuk mengorganisasi suatu fenomena atau pikiran.
- Mengetahui prinsip dan generalisasi
- Mengetahui teori dan struktur.
2.
Pemahaman (comprehension)
Pemahaman
atau dapat dijuga disebut dengan istilah mengerti merupakan kegiatan mental
intelektual yang mengorganisasikan materi yang telah diketahui. Temuan-temuan
yang didapat dari mengetahui seperti definisi, informasi, peristiwa, fakta
disusun kembali dalam struktur kognitif yang ada. Temuan-temuan ini diakomodasikan
dan kemudian berasimilasi dengan struktur kognitif yang ada, sehingga membentuk
struktur kognitif baru. Tingkatan dalam pemahaman ini meliputi :
- translasi yaitu mengubah simbol tertentu menjadi simbol lain tanpa perubahan makna. Misalkan simbol dalam bentuk kata-kata diubah menjadi gambar, bagan atau grafik;
- interpretasi yaitu menjelaskan makna yang terdapat dalam simbol, baik dalam bentuk simbol verbal maupun non verbal. Seseorang dapat dikatakan telah dapat menginterpretasikan tentang suatu konsep atau prinsip tertentu jika dia telah mampu membedakan, memperbandingkan atau mempertentangkannya dengan sesuatu yang lain. Contoh sesesorang dapat dikatakan telah mengerti konsep tentang “motivasi kerja” dan dia telah dapat membedakannya dengan konsep tentang ”motivasi belajar”; dan
- Ekstrapolasi; yaitu melihat kecenderungan, arah atau kelanjutan dari suatu temuan. Misalnya, kepada siswa dihadapkan rangkaian bilangan 2, 3, 5, 7, 11, dengan kemapuan ekstrapolasinya tentu dia akan mengatakan bilangan ke-6 adalah 13 dan ke-7 adalah 19. Untuk bisa seperti itu, terlebih dahulu dicari prinsip apa yang bekerja diantara kelima bilangan itu. Jika ditemukan bahwa kelima bilangan tersebut adalah urutan bilangan prima, maka kelanjutannnya dapat dinyatakan berdasarkan prinsip tersebut.
3.
Penerapan (application)
Menggunakan
pengetahuan untuk memecahkan masalah atau menerapkan pengetahuan dalam
kehidupan sehari-hari. Seseorang dikatakan menguasai kemampuan ini jika ia
dapat memberi contoh, menggunakan, mengklasifikasikan, memanfaatkan,
menyelesaikan dan mengidentifikasi hal-hal yang sama. Contoh, dulu ketika
pertama kali diperkenalkan kereta api kepada petani di Amerika, mereka berusaha
untuk memberi nama yang cocok bagi alat angkutan tersebut. Satu-satunya alat
transportasi yang sudah dikenal pada waktu itu adalah kuda. Bagi mereka, ingat
kuda ingat transportasi. Dengan pemahaman demikian, maka mereka memberi nama
pada kereta api tersebut dengan iron horse (kuda besi). Hal ini menunjukkan
bagaimana mereka menerapkan konsep terhadap sebuah temuan baru.
4.
Penguraian (analysis)
Menentukan
bagian-bagian dari suatu masalah dan menunjukkan hubungan antar-bagian
tersebut, melihat penyebab-penyebab dari suatu peristiwa atau memberi
argumen-argumen yang menyokong suatu pernyataan.
Secara
rinci Bloom mengemukakan tiga jenis kemampuan analisis, yaitu :
1.
Menganalisis unsur :
- Kemampuan melihat asumsi-asumsi yang tidak dinyatakan secara eksplisit pada suatu pernyataan
- Kemampuan untuk membedakan fakta dengan hipotesa.
- Kemampuan untuk membedakan pernyataan faktual dengan pernyataan normatif.
- Kemampuan untuk mengidentifikasi motif-motif dan membedakan mekanisme perilaku antara individu dan kelompok.
- Kemampuan untuk memisahkan kesimpulan dari pernyataan-pernyataan yang mendukungnya.
2.
Menganalisis hubungan
- Kemampuan untuk melihat secara komprehensif interrelasi antar ide dengan ide.
- Kemampuan untuk mengenal unsur-unsur khusus yang membenarkan suatu pernyataan.
- Kemampuan untuk mengenal fakta atau asumsi yang esensial yang mendasari suatu pendapat atau tesis atau argumen-argumen yang mendukungnya.
- Kemampuan untuk memastikan konsistensinya hipotesis dengan informasi atau asumsi yang ada.
- Kemampuan untuk menganalisis hubungan di antara pernyataan dan argumen guna membedakan mana pernyataan yang relevan mana yang tidak.
- Kemampuan untuk mendeteksi hal-hal yang tidak logis di dalam suatu argumen.
- Kemampuan untuk mengenal hubungan kausal dan unsur-unsur yang penting dan yang tidak penting di dalam perhitungan historis.
3.
Menganalisis prinsip-prinsip organisasi
- Kemampuan untuk menguraikan antara bahan dan alat
- Kemampuan untuk mengenal bentuk dan pola karya seni dalam rangka memahami maknanya.
- Kemampuan untuk mengetahui maksud dari pengarang suatu karya tulis, sudut pandang atau ciri berfikirnya dan perasaan yang dapat diperoleh dalam karyanya.
- Kemampuan untuk melihat teknik yang digunakan dalam meyusun suatu materi yang bersifat persuasif seperti advertensi dan propaganda.
5.
Memadukan (synthesis)
Menggabungkan,
meramu, atau merangkai berbagai informasi menjadi satu kesimpulan atau menjadi
suatu hal yang baru. Kemampuan berfikir induktif dan konvergen merupakan ciri
kemampuan ini. Contoh: memilih nada dan irama dan kemudian manggabungkannya
sehingga menjadi gubahan musik yang baru, memberi nama yang sesuai bagi suatu
temuan baru, menciptakan logo organisasi
6.
Penilaian (evaluation)
Mempertimbangkan,
menilai dan mengambil keputusan benar-salah, baik-buruk, atau bermanfaat – tak
bermanfaat berdasarkan kriteria-kriteria tertentu baik kualitatif maupun kuantitatif.
Terdapat dua kriteria pembenaran yang digunakan, yaitu :
- Pembenaran berdasarkan kriteria internal; yang dilakukan dengan memperhatikan konsistensi atau kecermatan susunan secara logis unsur-unsur yang ada di dalam objek yang diamati.
- Pembenaran berdasarkan kriteria eksternal; yang dilakukan berdasarkan kriteria-kriteria yang bersumber di luar objek yang diamati., misalnya kesesuaiannya dengan aspirasi umum atau kecocokannya dengan kebutuhan pemakai.
B.
Kawasan Afektif
Kawasan
afektif yaitu kawasan yang berkaitan aspek-aspek emosional, seperti perasaan,
minat, sikap, kepatuhan terhadap moral dan sebagainya, terdiri dari :
1.
Penerimaan (receiving/attending)
Kawasan
penerimaan diperinci ke dalam tiga tahap, yaitu :
- Kesiapan untuk menerima (awareness), yaitu adanya kesiapan untuk berinteraksi dengan stimulus (fenomena atau objek yang akan dipelajari), yang ditandai dengan kehadiran dan usaha untuk memberi perhatian pada stimulus yang bersangkutan.
- Kemauan untuk menerima (willingness to receive), yaitu usaha untuk mengalokasikan perhatian pada stimulus yang bersangkutan.
- Mengkhususkan perhatian (controlled or selected attention). Mungkin perhatian itu hanya tertuju pada warna, suara atau kata-kata tertentu saja.
2.
Sambutan (responding)
Mengadakan
aksi terhadap stimulus, yang meliputi proses sebagai berikut :
- Kesiapan menanggapi (acquiescene of responding). Contoh : mengajukan pertanyaan, menempelkan gambar dari tokoh yang disenangi pada tembok kamar yang bersangkutan, atau mentaati peraturan lalu lintas.
- Kemauan menanggapi (willingness to respond), yaitu usaha untuk melihat hal-hal khusus di dalam bagian yang diperhatikan. Misalnya pada desain atau warna saja.
- Kepuasan menanggapi (satisfaction in response), yaitu adanya aksi atau kegiatan yang berhubungan dengan usaha untuk memuaskan keinginan mengetahui. Contoh kegiatan yang tampak dari kepuasan menanggapi ini adalah bertanya, membuat coretan atau gambar, memotret dari objek yang menjadi pusat perhatiannya, dan sebagainya.
3.
Penilaian (valuing)
Pada
tahap ini sudah mulai timbul proses internalisasi untuk memiliki dan menghayati
nilai dari stimulus yang dihadapi. Penilaian terbagi atas empat tahap sebagai
berikut :
- Menerima nilai (acceptance of value), yaitu kelanjutan dari usaha memuaskan diri untuk menanggapi secara lebih intensif.
- Menyeleksi nilai yang lebih disenangi (preference for a value) yang dinyatakan dalam usaha untuk mencari contoh yang dapat memuaskan perilaku menikmati, misalnya lukisan yang memiliki yang memuaskan.
- Komitmen yaitu kesetujuan terhadap suatu nilai dengan alasan-alasan tertentu yang muncul dari rangkaian pengalaman.
- Komitmen ini dinyatakan dengan rasa senang, kagum, terpesona. Kagum atas keberanian seseorang, menunjukkan komitmen terhadap nilai keberanian yang dihargainya.
4.
Pengorganisasian (organization)
Pada
tahap ini yang bersangkutan tidak hanya menginternalisasi satu nilai tertentu
seperti pada tahap komitmen, tetapi mulai melihat beberapa nilai yang relevan
untuk disusun menjadi satu sistem nilai. Proses ini terjadi dalam dua tahapan,
yakni :
- Konseptualisasi nilai, yaitu keinginan untuk menilai hasil karya orang lain, atau menemukan asumsi-asumsi yang mendasari suatu moral atau kebiasaan.
- Pengorganisasian sistem nilai, yaitu menyusun perangkat nilai dalam suatu sistem berdasarkan tingkat preferensinya. Dalam sistem nilai ini yang bersangkutan menempatkan nilai yang paling disukai pada tingkat yang amat penting, menyusul kemudian nilai yang dirasakan agak penting, dan seterusnya menurut urutan kepentingan.atau kesenangan dari diri yang bersangkutan.
5.
Karakterisasi (characterization)
Karakterisasi
yaitu kemampuan untuk menghayati atau mempribadikan sistem nilai Kalau pada
tahap pengorganisasian di atas sistem nilai sudah dapat disusun, maka susunan
itu belum konsisten di dalam diri yang bersangkutan. Artinya mudah berubah-ubah
sesuai situasi yang dihadapi. Pada tahap karakterisasi, sistem itu selalu
konsisten. Proses ini terdiri atas dua tahap, yaitu :
- Generalisasi, yaitu kemampuan untuk melihat suatu masalah dari suatu sudut pandang tertentu.
- Karakterisasi, yaitu mengembangkan pandangan hidup tertentu yang memberi corak tersendiri pada kepribadian diri yang bersangkutan
C.
Kawasan Psikomotor
Kawasan
psikomotor yaitu kawasan yang berkaitan dengan aspek-aspek keterampilan yang
melibatkan fungsi sistem syaraf dan otot (neuronmuscular system) dan
fungsi psikis. Kawasan ini terdiri dari : (a) kesiapan (set); (b)
peniruan (imitation); (c) membiasakan (habitual); (d)
menyesuaikan (adaptation) dan (e) menciptakan (origination).
- Kesiapan yaitu berhubungan dengan kesediaan untuk melatih diri tentang keterampilan tertentu yang dinyatakan dengan usaha untuk melaporkan kehadirannya, mempersiapkan alat, menyesuaikan diri dengan situasi, menjawab pertanyaan.
- Meniru adalah kemampuan untuk melakukan sesuai dengan contoh yang diamatinya walaupun belum mengerti hakikat atau makna dari keterampilan itu. Seperti anak yang baru belajar bahasa meniru kata-kata orang tanpa mengerti artinya.
- Membiasakan yaitu seseorang dapat melakukan suatu keterampilan tanpa harus melihat contoh, sekalipun ia belum dapat mengubah polanya.
- Adaptasi yaitu seseorang sudah mampu melakukan modifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan atau situasi tempat keterampilan itu dilaksanakan.
- Menciptakan (origination) di mana seseorang sudah mampu menciptakan sendiri suatu karya.
Sementara
itu, Abin Syamsuddin Makmun (2003) memerinci sub kawasan ini dengan tahapan
yang berbeda, yaitu :
- Gerakan refleks (reflex movements). Basis semua perilaku bergerak atau respons terhadap stimulus tanpa sadar, misalnya : melompat, menunduk, berjalan, dan sebagainya.
- Gerakan dasar biasa (Basic fundamental movements) yaitu gerakan yang muncul tanpa latihan tapi dapat diperhalus melalui praktik, yang terpola dan dapat ditebak.
- Gerakan Persepsi (Perceptual abilities) yaitu gerakan sudah lebih meningkat karena dibantu kemampuan perseptual.
- Gerakan fisik (Physical Abilities) yaitu gerakan yang menunjukkan daya tahan (endurance), kekuatan (strength), kelenturan (flexibility) dan kegesitan.
- Gerakan terampil (skilled movements) yaitu dapat mengontrol berbagai tingkatan gerak secara terampil, tangkas, dan cekatan dalam melakukan gerakan yang sulit dan rumit (kompleks).
- Gerakan indah dan kreatif (Non-discursive communication) yaitu mengkomunikasikan perasan melalui gerakan, baik dalam bentuk gerak estetik: gerakan-gerakan terampil yang efisien dan indah maupun gerak kreatif: gerakan-gerakan pada tingkat tertinggi untuk mengkomunikasikan peran.
Sumber
Bacaan :
Abin
Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Rosda Karya Remaja.
Gendler,
Margaret E..1992. Learning & Instruction; Theory Into Practice. New York:
McMillan Publishing.
Moh.
Surya. 1997. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung PPB – IKIP Bandung.
Muhibbin
Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Nana
Syaodih Sukmadinata. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: P.T.
Remaja Rosdakarya.
W.
Gulo. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo
==========
Pada
perkembangan berikutnya, Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl (2001)
merevisi hasil pemikiran Bloom yang fenomenal itu, dengan menerbitkan sebuah
buku yang berjudul A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A
Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. Di dalamnya
terdapat beberapa perubahan penting, khususnya dalam kawasan kognitif.
Info
selengkapnya tentang revisi taksonomi Taksonomi Bloom dapat Anda dilihat
dalam tulisan yang disusun oleh Imam Gunawan dan Anggarini
Retno Palupi, melalui tautan dibawah ini:
0 komentar:
Posting Komentar